PENGEMBANGAN HORIZONTAL PENDIDIKAN ANAK SD (Rumpun Luar Sekolah)

3. Rumpun Pendidikan Luar Sekolah
Pendidikan luar sekolah bisa meliputi kursus-kursus yang diselenggarakan diklusmas, kegiatan magang dan kejar usaha. Upaya tersebut harus melibatkan tokoh-tokoh masyarakat, cerdik cendekiawan dan kelompok masyarakat yang berkemampuan. Untuk itu perlu ditetapkan pengaturan dan mekanisme pelaksanaannya. Rumpun pendidikan luar sekolah meliputi kelompok belajar (kejar) paket A dan kursus persamaan sekolah dasar (SD).

PENGEMBANGAN HORIZONTAL PENDIDIKAN ANAK SD

a. kelompok belajar (kejar) paket A
Merupakan jenis kegiatan pendidikan yang berbentuk kegiatan bekerja dan belajar untuk mengejar ketertinggalan yang dilaksanakan melalui wadah kelompok belajar.
Kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung di rumah penduduk pada waktu tertentu sesuai dengan waktu yang dimiliki peserta didik. Guru yang mengajar diambil dari guru sekolah dasar yang ada tutor di masyarakat.

Guru sekolah dasar yang ada mungkin menjadi guru kejar karena kegiatan belajar berlangsung pada sore hari atau malam hari. Sedangkan guru Pembina kejar diambil dari anggota masyarakat yang mampu. Bahan pelajarannya menggunakan paket A, buku paket Sekolah Dasar atau modul. Program kejar paket A juga merupakan suatu kegiatan membelajarkan warga masyarakat yang buta huruf dan yang isi pembelajarannya terdiri dari pendidikan dasar serta dipadukan dengan pendidikan mata pencaharian.

Hal tersebut dikembangkan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat yang tidak berkesempatan memasuki lembaga pendidikan formal setingkat pendidikan dasar.

Program ini ditugaskn untuk memberantas 3 buta yaitu buta aksara latin dan angka buta bahasa Indonesia dan buta pendidikan dasar. Program kejar paket A diprogramkan untuk dapat dipelajari secara berkelompok dan perorangan. Program belajar paket A tersebut berisikan kumpulan bahan yang disusun secara berseri sebanyak 100 judul, terdiri atas Seri A1-A5, A6-A10, A11-A20, A21-A60 dan seri A61-A100.

Bagi mereka yang telah menyelesaikan dan dinyatakan lulus setiap seri diberikan surat keterangan serta belajar SKSD. Warga belajar yang telah menyelesaikan Seri A1-A100 dipandang memiliki pengetahuan setara dengan tamatan sekolah dasar, sehingga mereka dapat melanjutkan ke program Kejar Paket B. Dan jika ingin mendapatkan ijazah Sekolah Dasar dapat mengikuti ujian persamaan Sekolah Dasar dengan catatan telah menyelesaikan pengetahuan tambahan berupa mata pelajaran IPS, IPA, matematika, bahasa Indonesia dan pendidikan moral Pancasila.

Penyelenggaraan kejar paket A dapat dilaksanakan oleh organisasi atau Lembaga Kemasyarakatan yang ada di desa atau kelurahan seperti LKMD, PKK, Dharma Wanita. Instansi lain seperti  PIR, transmigrasi dan Posyandu melalui kerjasama dengan dikmas dapat mengelola program kejar paket A.

Sumber belajar atau tutor adalah setiap tenaga terdidik di lokasi atau desa kelurahan yang secara sukarela membantu sesamanya. Mereka ini biasanya mahasiswa KKN, pelajar sekolah menengah yang sedang libur dan warga belajar paket A yang telah mempelajari seri pakai tertinggi yang menyumbangkan tenaganya baik sebagai tutor maupun pembantu tutor guru SD dan sebagainyanya.

Program kejar paket A dapat dikatakan berhasil apabila warga belajar sudah dapat membaca, menulis dan berhitung sederhana, serta dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia secara baik dan benar dan memiliki mata pencaharian tetap dan layak.

b. Kursus persamaan sekolah dasar
Yaitu materinya sederajat dengan sekolah dasar dan warga belajarnya diarahkan untuk ikut serta dalam ujian persamaan sekolah dasar (UPER SD) materi ujian mencakup PMP, bahasa Indonesia, IPS, matematika dan IPA.

0 Response to "PENGEMBANGAN HORIZONTAL PENDIDIKAN ANAK SD (Rumpun Luar Sekolah) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel