PENGEMBANGAN HORIZONTAL PENDIDIKAN ANAK SD (Rumpun Sekolah Keagamaan)

4. Rumpun Sekolah Keagamaan
Dalam rangka mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya maka pendidikan diharapkan memberi perhatian terhadap pendidikan agama. Oleh sebab itu para orangtua mencari alternatif pendidikan yang memenuhi harapannya, salah satu pilihan itu ialah dengan memasukkan anaknya pada rumpun sekolah keagamaan. Di lembaga ini mereka berharap pendidikan agama tercukupi serta mata ajarannya juga selaras dengan situasi dan kondisi anak dalam arti psikologis, pedagogis dan Sosio kulturalnya.

PENGEMBANGAN HORIZONTAL PENDIDIKAN ANAK SD (Rumpun Sekolah Keagamaan)

Pendidikan di lingkungan ini diharapkan mampu menciptakan kondisi religius dan sekaligus konstektual, sehingga pendidikan agama disekolah keagamaan dapat berkesinambungan dengan pendidikan umum dan lingkungan keluarga, serta masyarakat Global. Rumpun sekolah keagamaan meliputi Madrasah Ibtidaiyah dan pondok pesantren. 

a. Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Merupakan satuan pendidikan yang bersifat umum setingkat sekolah dasar SD yang dikelola oleh Departemen Agama. Belajar di sekolah agama yang telah mendapatkan pengakuan dari Menteri Agama dianggap telah memenuhi kewajiban belajar ijazah atau surat tanda tamat belajar (STTB).

Madrasah Ibtidaiyah mempunyai arti nilai yang sama dengan ijazah Sekolah Dasar. Siswa MI dapat pindah ke sekolah dasar dan sebaliknya, serta lulusannya dapat melanjutkan ke sekolah menengah tingkat pertama berdasarkan peraturan penerimaan baru.

Madrasah Ibtidaiyah mengajarkan bidang studi Agama Islam lebih banyak dari sekolah dasar biasa , kurikulum yang digunakan sebanyak-banyaknya 30% pelajaran agama dan 70% pelajaran umum yang berstandar sama dengan kurikulum sekolah dasar yang berlaku.

Lama belajar di Madrasah Ibtidaiyah dapat diperpanjang dari 6 tahun menjadi 7 tahun dengan menambah jam pelajaran setiap harinya di luar jam yang ditentukan dalam kurikulum (ekstrakurikuler). Pembinaan bidang studi Agama diselenggarakan oleh menteri agama, sedangkan pembinaan dan pengawasan mata pelajaran umum dilakukan oleh Mendiknas berdasarkan keputusan bersama menteri pendidikan dan menteri agama.

b. Pondok Pesantren
Merupakan lembaga pendidikan yang sebenarnya termasuk jalur pendidikan luar sekolah yang memiliki tingkat Sekolah Dasar. Lembaga ini sudah cukup membudaya dan berperan penting dalam pembinaan manusia Indonesia. Kelebihan pendidikan pondok pesantren ialah suasana kehidupan yang religius dibandingkan dengan lembaga pendidikan persekolahan umum.

Namun seiring perkembangan zaman maka pondok pesantren memerlukan penjabaran agar tampak perannya dalam pembentukan manusia yang beriman dan bertakwa. Sebab dalam realitanya masih terkesan belum terpadu dengan satuan pendidikan lainnya. Pondok pesantren harus didasari memiliki dua nilai yang mendasari pola perilaku dan interaksi edukatifnya yaitu nilai religius dan nilai kultur tradisional. Kedua nilai tersebut terpadu dalam kehidupan aqidah, ibadah dan muamalah. Dan termanifestasikan dalam ritual, sosial dan proses pembelajaran. Interaksi edukatif ini didukung oleh sarana Masjid, Pondok dan Tersedianya literatur yang diyakini sumbernya dari Allah SWT.

Keunggulan lainnya dari lembaga Pesantren adalah
  1. Merujuk langsung ke sumber nilai
  2. Memberi peluang ke arah interaksi edukatif yang demokratis sepanjang 24 jam perhari 
  3. Interaktif yang akrab antara santri dan Kyai memberi peluang untuk intensifikasi pendidikan 
  4. Kyai tampil sebagai panutan yang diteladani 
  5. Pembinaan disiplin melalui pendidikan salat, saum dan sebagainya 
  6. Menampilkan kesederhanaan dan kewajaran hidup 
  7. Mengembangkan pribadi yang mandiri dan anggota sosial yang saling menolong 
  8. Sifat responsif terhadap perkembangan dan pemantapan kehidupan masyarakat.
Demikianlah yang dapat admin sampaikan mengenai Pengembangan Horizontal pendidikan di SD yang tercakup dalam 4 rumpun pendidikan, diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Rumpun Sekolah Dasar konvensional
  2. Rumpun Sekolah Dasar luar biasa
  3. Rumpun pendidikan luar sekolah
  4. Rumpun sekolah keagamaan

Masing-masing rumpun tersebut telah admin Jelaskan dengan rinci. Semoga bermanfaat. 

1 Response to "PENGEMBANGAN HORIZONTAL PENDIDIKAN ANAK SD (Rumpun Sekolah Keagamaan)"

  1. Terima kasih banyak. Alhamdulillah membantu saya dalam memahami pengemembangan horizontal pendidikan anak. InshaAllah berkah bagi pemiliki dan pembuat artikel.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel