BAKAT DAN KREATIVITAS ANAK SD

A. PENGERTIAN BAKAT
Bakat merupakan potensi yang ada dalam diri seseorang yang perlu dilatih dan dikembangkan, Karena tanpa latihan dan pengembangan maka bakat yang ada dalam diri seseorang tidak akan terwujud. 

B. BAKAT SEBAGAI POTENSI YANG DAPAT DIKEMBANGKAN
Utami Munandar menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang dapat menentukan sejauh mana bakat anak dapat terwujud. Faktor-faktor tersebut adalah faktor dalam diri anak dan faktor lingkungan anak. 
1. Faktor dalam diri anak. Faktor ini banyak berkaitan dengan keadaan fisik dan psikis anak-anak yang secara fisik sehat dan sempurna serta sering mengikuti latihan maka bakatnya akan berkembang, fisik yang sempurna pun didukung oleh faktor dalam diri yang lain seperti minat, motivasi dan keuletannya dalam menekuni kegiatan yang berhubungan dengan bakatnya.
2. Faktor keadaan lingkungan anak. Faktor ini didukung oleh faktor luar diri anak misalnya dukungan keluarga keluarga di rumah dan peran guru di sekolah yang dapat mendorong dan mendukung bakat anak terhadap sesuatu hal serta Tersedianya sarana dan prasarana juga keadaan sosial ekonomi maupun tempat tinggalnya. 

C. PENGERTIAN KREATIVITAS
Kreativitas merupakan kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data informasi dan unsur-unsur yang ada. Dalam kreativitas dijumpai adanya 4P yaitu pribadi, pendorong, proses dan produk kreativitas. Sebagai pribadi menunjukkan bahwa kreativitas dimiliki setiap orang, namun dalam kadar yang berbeda-beda.  Sebagai pendorong diartikan bahwa lingkungan memiliki andil dalam memberikan rangsangan agar kreativitas dapat terwujud. Dalam segi proses yaitu sesuatu yang diperlukan untuk melihat Bagaimana suatu Hasil kreativitas dapat dicapai. Dan dalam produk menunjukkan bahwa setiap hasil kreatif seseorang diharapkan dapat dinikmati oleh lingkungan dan yang terpenting bahwa hasil kreatif seseorang juga harus bermakna bagi yang bersangkutan. 
Jika ditinjau dari belahan otak manusia yang terdiri dari belahan otak kanan dan kiri, tampak bahwa masing-masing memiliki kekhususan tersendiri. Belahan otak kiri yang banyak mengontrol bagian kanan tubuh manusia di dalam banyak lingkungan budaya, cenderung lebih dominan dan lebih dikembangkan khususnya begitu anak mulai sekolah. Belahan otak kiri banyak berkaitan dengan verbal, matematis, analisis, kritis dan rasional, serta hal-hal yang menekankan pada keteraturan. Sedangkan belahan otak kanan yang mengontrol bagian kiri tubuh manusia terutama mengkhususkan pada hal-hal yang bersifat non verbal dan holistik, intuitif dan imajinatif. Agar kreativitas seseorang dapat lebih terwujud maka belahan otak kanan perlu diasah.



D.  HUBUNGAN KREATIFITAS DENGAN KECERDASAN
Seseorang yang memiliki bakat kreativitas yang tinggi ternyata tingkat kecerdasannya biasa-biasa saja, sementara itu dikatakan bahwa tidak semua orang yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi adalah orang-orang yang kreatif. 

E.  BELAJAR DAN BERFIKIR KREATIF
Sebagai pendidik harus sanggup menciptakan lingkungan belajar yang menunjang anak untuk berkreasi. Berikut ini beberapa cara yang dikemukakan oleh Utami Munandar.

1. Menciptakan lingkungan di dalam kelas yang merangsang belajar kreatif kreatif. yaitu:
  • ‌memberikan pemanasan.
  • Pengaturan fisik.
  • kesibukan di dalam kelas.
  • guru sebagai fasilitator.
2. Mengajukan dan mengundang pertanyaan. Pertanyaan yang merangsang pemikiran kreatif adalah pertanyaan divergen atau terbuka seperti pertanyaan bagaimana, mengapa, seandainya, apa akibatnya.
3. Memadukan perkembangan kognitif (berpikir) dan afektif (sikap dan perasaan). Dapat di lihat dari ciri-ciri berikut:
  • ‌ciri kemampuan berpikir kreatif. Antara lain: (1) keterampilan berpikir lancar (2) keterampilan berpikir Luwes (3) keterampilan berpikir orisinal (4) keterampilan memerinci dan (5) keterampilan menilai.
  • ‌ciri afektif. Mencakup: (1) rasa ingin tahu, (2) bersifat imajinatif, (3) merasa tertantang oleh kemajemukan, (4) sifat berani mengambil risiko, (5) sifat menghargai.
  • ‌menggabungkan pemikiran divergen dan pemikiran konvergen.
  • ‌menggabungkan proses berpikir dengan proses afektif.

F. FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DAN SUMBER-SUMBER KREATIFITAS YANG PERLU DIKEMBANGKAN
Perkembangan bakat kreatif seseorang berkaitan dengan dua faktor yaitu motivasi seseorang untuk mengembangkannya dan lingkungan yang mendukung perkembangannya. 
Adapun Sumber-sumber kreativitas yang perlu dikembangkan,  yaitu:
  • ‌sumber kognitif
  • ‌sumber kepribadian beberapa sifat yang harus ada adalah (1) gaya inovatif dari berpikir (2) sikap toleran pada ketekunan dan sesuatu yang jamak (3) kemauan untuk mengambil resiko (4)  berani terhadap pendapat.
  • ‌sumber motivasi
  • sumber lingkungan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel